Entri Populer

Minggu, 24 Juni 2012

Penemu Wiper Blade

Tahukah anda...

Siapakah penemu wiper blade? (biasa disebut wiper / penghapus kaca)

Wiper Blade pertama kali ditemukan pada tahun 1903 oleh seorang perempuan bernama Mary Anderson.
Pada awalnya wiper ini digerakkan secara manual dengan tangan (seperti di bajaj)
Mary Anderson, penemu wiper blade

Selanjutnya berkembang menggunakan penggerak pompa vakum yang memiliki kelemahan kecepatan operasinya bergantung pada perubahan kecepatan kendaraan. Pada akhirnya sistim konstruksi wiper disempurnakan menggunakan mekanisme batang dan penggerak motor listrik yang masih dipakai sampai sekarang.
Motor Penggerak


Pada bis ada beberapa macam model dan letak pemasangan. Ada di sisi atas kaca ada pula yang disisi bawah kaca. Tetapi karoseri sekarang umumnya memasangnya di bagian bawah kaca, untuk mempermudah perawatan. Dengan makin bertambah tingginya ukuran kaca depan bus, maka diperlukan wiper yang lebih panjang agar sapuannya makin luas. Ukuran panjang karet wiper yang banyak dipakai umumnya mulai 28 inch sampai dengan 32 inch

Batang Wiper
Wiper Linkage

Untuk bis keluaran terbaru dari karoseri dengan dek penumpang yang tinggi sepertinya harus ditambahkan wiper kecil di bagian atas kaca depan (atap) Karena kadang kita sebagai penumpang yang posisinya lebih tinggi dari driver pada saat hujan jadi tidak bisa menikmati pemandangan yang terbentang didepan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar