Entri Populer

Jumat, 07 Oktober 2011

Teori Organisasi Umum 1 

ORGANISASI LABA/NON LABA
I. Pendahuluan
Organisasi, sering kita mendengar kata ini, namun apakah kita mengerti dan paham apa yang dimaksud dengan organisasi?
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Organisasi laba adalah organisasi yang dalam operasionalnya bertujuan untuk meraih hasil atau keuntungan bagi pemilik dan anggota-anggotanya, biasanya berbentuk badan usaha yang bergerak pada bidang tertentu. Sedangkan organisasi non laba lebih kepada satu wadah untuk menyalurkan hobby atau kesukaan yang sama, baik dalam hal olahraga, pendidikan dan lain sebagainya. Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Suatu organisasi pun dapat terbentuk atas dasar satu latar belakang, hobby maupun kesukaan. Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.


 II.Teori
Dari pembahasan diatas, saya akan menjelaskan lagi lebih dalam mengenai contoh organisasi. Contoh organisasi yang akan saya jabarkan kali ini adalah contoh organisasi non laba, yang mana dalam operasionalnya organisasi ini tidak berorientasi pada hasil materi, akan tetapi berorientasi kepada satu kesatuan dalam hobby dan kesukaan anggotanya. Contoh organisasinya adalah Romanisti Indonesia.

Apa itu Romanisti Indonesia?
Romanisti Indonesia adalah suatu komunitas pecinta klub sepak bola professional asal Italia, yaitu AS Roma. Selayang Pandang Romanisti Indonesia. Kata Romanisti Indonesia ( RI ) berarti kumpulan para pencinta klub AS Roma di Indonesia. Romanisti Indonesia adalah komunitas non-profit yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 2005. Romanisti Indonesia lahir dimasa klub-klub seperti AC Milan dan Juventus menguasai ajang Liga Calcio, dimana sebagai efek dari prestasinya, kedua klub tersebut meraih perhatian lebih besar dari media-media Indonesia dan tentu saja meraup jumlah penggemar yang bisa dibilang fantastis di Indonesia.

Di lain pihak Kasus batalnya pembelian AS Roma oleh Nafta Moscow di awal 2004 yang diselimuti oleh kabut konspirasi yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang disinyalir tidak ingin melihat bangkitnya AS Roma, justru membangkitkan semangat sang pendiri Romanisti Indonesia untuk menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa sebenarnya ada sebuah klub di Liga Calcio yang benar - benar berjuang dengan keringat mereka sendiri meskipun acap kali dijadikan korban oleh tangan-tangan kotor percaturan politik italia dan mafia pertandingan di ajang Liga Calcio. Dan klub tersebut adalah AS Roma.

Diawal kelahirannya, Romanisti Indonesia tampil sebagai media penyampai berita dari klub As Roma dan Liga Calcio secara keseluruhan, dimana berita-beritanya diambil langsung dari media - media italia, dan diterjemahkan dan ditulis dengan narasi khas seorang Romanisti sejati. Dengan segala keterbatasannya untuk mengakses sumber-sumber informasi selengkap dan se-uptodate mungkin, pendiri Romanisti Indonesia tetap berusaha untuk terus menghadirkan berita-berita ter up to date tentang AS Roma dalam headline Romanisti Indonesia. Berbekal dengan niat tulus ikhlas, semangat pantang meyerah dan dukungan moral dari para member senior RI, sedikit demi sedikit Romanisti Indonesia berkembang dan tumbuh menjadi salah satu fansclub paling populer dan disegani di Indonesia.

Sebagai bagian dari proses penyempurnaan diri pada Komunitas Romanisti Indonesia, akhirnya kami merubah image diri dari sebuah media informasi dan berita menjadi sebuah komunitas yang lebih mengutamakan komunikasi dan interaksi dari setiap membernya. Disamping itu, dengan tujuan agar Romanisti Indonesia tidak terjerumus ke dalam pola sentralistis yang selama ini digunakan fansclub lain, akhirnya di awal 2007 pendiri dan tim koordinator Komunitas Romanisti Indonesia mendeklarasikan diri sebagai komunitas yang bersifat desentralistik, yang maksudnya, Komunitas Romanisti Indonesia tidak terpaku pada pola pusat dan daerah yang sering mengutamakan member atau kumpulan member di kota besar terutama Jakarta sementara sebaliknya tidak begitu memperhatikan kepentingan - kepentingan member dari daerah lain. Namun sebagai sebuah komunitas besar, tentu saja wewenang untuk pengambilan kebijakan yang bersifat prinsipil dan berpengaruh pada komunitas secara keseluruhan tetap dipegang oleh pendiri dan tim koordinator.

Hasilnya, dalam waktu singkat muncul-lah konsentrasi member Komunitas Romanisti Indonesia di berbagai daerah di Indonesia, tercatat hingga saat ini Komunitas Romanisti Indonesia telah berdiri dan aktif di kota-kota besar di Indonesia, seperti Bandung, Jakarta ( Jabodetabek ), Jogja, Surabaya, Malang, Pekan Baru, Semarang, Medan, Padang, Lampung, Solo, Banjarmasin, Makassar, Pontianak, Bali, Palembang, Bengkulu, Jambi, Banten, dll (beberapa kota lainnya yang tengah mempersiapkan diri). Bersamaan dengan itu kegiatan - kegiatan offline dari member pun semakin menggeliat. Dimulai dari kegiatan latihan futsal bersama sampai menghadiri undangan - undangan dari komunitas lain hingga menghadiri acara on air seperti nonton bareng dan syuting di studio televisi-televisi swasta nasional.

Beruntung sekali, skandal Calciopoli di 2006 lalu membuka borok klub-klub yang selama ini menggunakan cara-cara kotor dalam persaingan di ajang Liga Calcio, dan secara otomatis menghadiahi AS Roma dengan tiket otomatis dalam ajang Liga Champions 2006/2007. Hal tersebut disamping membuka mata dunia tentang masing-masing klub Seri A, juga membantu sekali bagi Romanisti Indonesia untuk menyebarkan kecintaan pada klub AS Roma di tanah Indonesia. Semenjak kasus itu bergulir, Jumlah member dari Komunitas Romanisti Indonesia terus berkembang dan saat ini telah mencapai 7000 orang lebih, sementara apresiasi dari media dan masyarakat umum terhadap Komunitas Romanisti Indonesia dan AS Roma juga semakin menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Selain itu, Romanisti Indonesia juga mulai mendapatkan sambutan dan dukungan dari media massa baik itu cetak maupun elektronik, tidak hanya media nasional, tapi juga media-media lokal di penjuru tanah air.

III.Pembahasan
Dari teori yang telah saya jelaskan diatas mengenai seluk beluk lahirnya Romanisti Indonesia, saya akan menjelaskan mengenai bagaimana kegiatan operasional yang dilakukan dan apa saja manfaat dan dampak secara langsung dan tidak langsung terhadap masyarakat dan beberapa pihak.

Mungkin bisa dimulai dari apa saja sih yang ada di komunitas ini dan kegiatan apa saja yang ada di dalamnya? Hmm, yang namanya komunitas sudah pasti lahir karena satu latar belakang yang sama, tak terkecuali dengan komunitas Romanisti Indonesia ini. Komunitas ini terlahir berdasarkan kecintaan pada klub AS Roma, klub yang berdiri pada tanggal 22 Juli 1927. Dalam operasionalnya komunitas ini sangat mengandalkan partisipasi dari anggota-anggotanya yang aktif memberi sumbangsih kepada komunitas ini, baik itu waktu, tenaga, pikiran dan bahkan biaya. Semua itu demi kelancaran dan eksistensi dari fansclub ini, dan tentunya apa yang dilakukan para anggota berdasarkan ketulusan dan keikhlasan yang semata-mata untuk mengembangkan komunitas ini lebih besar dan lebih baik lagi ke depannya. Kegiatan yang dilakukan beranekaragam, mulai dari futsal, nonton bareng, bakti sosial, turnamen internal antar regional atau yang melibatkan fansclub lain, kegiatan yang dilakukan untuk memperingati moment-moment tertentu (seperti buka puasa bersama dsb...) bahkan komunitas ini rutin mengadakan gathering masional. Ya, gathering nasional! Sebuah program tahunan yang diadakan komunitas ini guna merekatkan tali silaturahmi antar sesama Romanisti oleh beberapa anggota komunitas ini dari seluruh regional se-Indonesia. Kegiatan yang satu ini selain ajang untuk saling tatap muka Romanisti se-Indonesia juga ajang untuk lebih memperkenalkan komunitas ini kepada Indonesia, bahkan Dunia. Tercatat pada gathering nasional edisi terakhir di Bandung bulan Juli lalu, nama komunitas Romanisti Indonesia terpampang di salah sattu situs official resmi milik AS Roma www.corederoma.it . Dan kedepannya komunitas ini berusaha untuk lebih baik lagi baik dalam hal operasional, sarana dan prasarana.
Komunitas ini selain beroperasi secara internal, juga kerap melakukan kegiatan lain bersama dengan komunitas lain. Komunitas ini juga sering hadir untuk diliput langsung oleh beberapa stasiun tv swasta maupun berbayar untuk ikut berperan serta dalam kegiatan mereka. Adanya komunitas Romanisti Indonesia ini adalah sebagai sarana untuk bersilaturahmi dan bertukar pikiran antar sesama romanisti dan antar sesama fansclub. Komunitas ini juga bertujuan untuk dapat bersama-sama memajukan persepakbolaan tanah air melalui sportivitas dan totalitas dalam dukungan dan semoga ke depannya banyak klub di tanah air yang mencontoh perkembangan dan profesionalitas klub-klub eropa.




sumber referensi:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar