Jaringan
wireless/nirkabel adalah teknologi jaringan yang memanfaatkan gelombang
elektromagnetik melalui udara sebagai media untuk mengirimkan informasi dari
pengirim ke penerima. Teknologi ini muncul sebagai jawaban atas keterbatasan
jaringan wireline. Mobilitas manusia
yang tinggi dan
informasi yang selalu dekat menjadi faktor pendorong utama berkembangnya
teknogi ini. Beberapa teknologi wireless yang telah dikembangkan antara lain :
WiFi, Bluetooth, WiMAX, VSAT, Infrared.
Cara Kerja
Terminal
Biasanya data
ditampilkan pada komputer pada jarak jauh atau dekat yang disebut dengan
terminal. Fungsi dasarnya adalah untuk berhubungan dengan komputer host.
Terminal juga dikenali dengan beberapa istilah, seperti: CRT – Cathode Ray
Tube, VDT -Video Display Terminal atau display station.
Terminal dibagi
atas 3 jenis, yaitu :
Terminal dungu
(dumb), yaitu terminal yang berfungsi hanya berupaya menghantar setiap karakter
yang dikirimkan ke host dan menampilkan apa saja yang dikirim oleh host.
Terminal ‘smart’
, yaitu terminal yang berfungsi menghantarkan informasi tambahan selain apa
yang dikirim oleh pemakai seperti kode tertentu untuk menghindari kesalahan
data yang terjadi.
Terminal pintar
(intelligent), yaitu terminal yang dapat diprogramkan untuk membuat
fungsi-fungsi tambahan seperti kontrol terhadap penyimpanan ke storage dan
menampilkan lay-out data dari host dengan lebih bagus.
Pada saat
terminal/client/terminal/client melakukan proses booting, garis besar proses
yang dijalankan adalah:
· Mencari
alamat ip dari dhcp server.
· Mengambil
kernel dari tftp server.
· Menjalankan
sistem file root dari nfs server.
· Mengambil
program X-server ke dalam memory dan mulai menjalankannya.
· Melakukan
hubungan dengan xdm server dan user login ke dalam xdm server.
Fitur pada antar
muka telematika
Dalam penggunaan
umum, sebuah antarmuka atau interface adalah sebuah titik, wilayah, atau
permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara
metafora untuk perbatasan antara benda. Kata interface kadangkala (biasanya
dalam bidang teknik) disingkat menjadi "i/f".
Bentuk kerja
dari interface berarti menghubungkan dua atau lebih benda pada suatu titik atau
batasan yang terbagi, atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan tersebut.
Interface
telematika adalah atribut sensor dari pertemuan sistem jaringan komunikasi dan
teknologi informasi yang berhubungan dengan pengoperasian oleh pengguna. Ada 6
Fitur pada antarmuka pengguna telematika:
· head
up display system
· tangible
user interface
· computer
vision
· browsing
audio data
· speech
recognition
· speechsynthesis
Teknologi yang
terkait antar muka telematika
1.Head Up
Display System
Head Up Display
(HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa
mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang
biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan
kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke
arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan
militer (kayaknya jaman dulu sampe sekarang teknologi itu dipakai militer dulu
baru di kasih ke orang sipil, trus kapan orang sipil bisa punya teknologi?),
sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan
aplikasi lainnya.
2.Tangible User
Interface
Tangible User
Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat
berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial
Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI
ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin
Tangible Media Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible
bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat
bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung. Hmm,,ngerti gak? Pasti
pusing, sama.
3.Computer Vision
Computer Vision
(komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang
melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang
digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi
dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan
video, pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari
hasil pemindaian medis. Hmm,,,makin pusing deh tapi tetep dapet ilmu.
4.Browsing Audio
Data
5.Speech
Recognition
Dikenal juga
dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal
suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fitur
antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan (hebat, padahal kalo
lagi di dikte sama dosen juga kita bisa ngubah suara jadi tulisan). Istilah
‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition
dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada
kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat
aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang
yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech
recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan
pembicaraan siapa saja.
6.Speech
Synthesis
Speech synthesis merupakan
hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk
tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak
dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal
menjadi pembicaraan.
Sumber
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar